Jumat, 26 September 2008

Dinamika Kehidupan Kampus

Kampus..

Mungkin didalam benak Anda terlintas banyak persepsi..Ada yang berpikiran sebagai tempat belajar dan mencari ilmu, media antara "dunia semu dan dunia nyata" (masih ank2 yang minta duit mulu menuju ke tahap mandiri), ada juga yang berpikiran sebagai tempat mencari pengalaman..Berbagai persepsi tersebut kesemuanya tidaklah salah...Kenapa?? Persepsi yang Anda rasakan merupakan hasil dari pengolahan berbagai informasi yang tersimpan dari "memory otak" Anda, kemudian di terjemahkan melalui pengalaman-pengalaman pribadi dan akhirnya disimpulkan..Stimuli-stimuli yang ditangkap oleh indera menjadikan sensasi yang berbeda pula terhadap individu...Oleh karena itu tidak ada yang sama dalam menanggapi setiap persoalan/permasalahan...

Berdasarkan pengalaman penulis..Kampus merupakan sebuah media penghubung dengan kehidupan luar yang lebih keras..Pengalaman-pengalaman tersebut di jadikan sebuah asumsi untuk pembelajaran agar dapat bertahan hidup di lingkungan masyarakat yang sesungguhnya..

Ada apa sie sebenarnya dikampus itu?? Dikampus itu para mahasiswa dapat belajar dan berinteraksi dengan sesama juga berdiskusi bersama para dosen maupun staf pengajar..Pertemanan, persahabatan, percintaan, menjadi isi kehidupan di dalam kehidupan kampus..

Adapula berbagai kegiatan kemahasiswaan yang terdapat didalam kampus..Salah satunya yaitu yang dikenal dengan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), dmana sebagai organisasi tertinggi mahasiswa di tingkat perguruan tinggi. Peran BEM itu sendiri merupakan sebuah wadah dan sarana dari mahasisa untuk mahasiswa..Oleh karena itu segala bentuk kegiatannya selalu berkesinambungan dengan peran mahasiswa itu sendiri.

Akan tetapi sekarang ini terdapat ORMAS-ORMAS yang masuk kedalam berbagai perguruan tinggi demi tercapainya suatu kepentingan politik suatu kelompok atau individu. Peran yang dimainkan tidaklah jauh dari pembentukan karakter mahasiswa yang menurut pribadi saya adalah arogan untuk kepentingannya sendiri.

Oleh karena itu mahasiswa yang patut di acungi jempol ialah mahasiswa yang dapat memahami dirinya sendiri juga yang dapat membantu masyrakat agar terciptanya keamanan dan kenyamanan bersama didalam masyarakat. Penting pula bahwa mahasiswa juga sepenuhnya harus berani mengambil sikap tegas terhadap berbagai pengaruh asing yang akan atau masuk kedalam struktur organisasi. Mahasiswa adalah orang-orang yang jujur terhadap suatu permasalahan, kesatria (tegas & bertanggung jawab) terhadap permasalahan individu ataupun kelompok, juga derwamawan bagi sesamanya demi terciptanya kesejahteraan bersama.

Berbagai dinamika tersebut mengindentifikasikan bahwa kampus merupakan tempat ang sangat berpengaruh terhadap pembentukan dan pergerakan masyarakat. Oleh karena itu ada baiknya para mahasiswa selalu bertindak berdasarkan hati nurani tanpa campur tangan politisi..

0 komentar: